Beranda

Minggu, 28 Februari 2010

Egois vs Tak Egois

Sebenernya gw bingung waktu mau nulis judul post ini. Gw mikir, lawan kata egois apa ya? Mengalah? hmmmm,,, kalo menurut gw kok kurang pas ya. ada yg ngganjel gitu kalo njadiin "mengalah" sebagai lawan kata dari "egois",, susah buat diungkapin, hohoho

back to topic,

"EGOIS", berasal dari kata "ego" (kata benda) yang diberi akhiran -is menjadi kata sifat (so toy banget nin!!!!!) artinya yaitu (versi Kamus Besar Bahasa Adnin, baca= semau guweh, =p) sikap yang mengutamakan kepentingan pribadi... hohoho,, kurang lebih seperti itulah.. bisa dibilang orang yang egois itu orang yg pengen menang sendiri gitu lah.

pasti dulu waktu kecil kita pernah mendengar kalimat ini dari mama atau siapapun lah, "Nak, kamu jangan egois ya..... gak boleh, ntar gak punya temen looo." Siapa yg belom pernah denger ayo ngacung!!!!!!!!!!!!! gw yakin ga ada deh (insyaAllah, ^^). gw juga yakin seyakin-yakinnya kalo kita semua beranggapan bahwa egois itu merupakan sifat yang tercela (tercela means lawan dari terpuji,,, =p). Tapi pertanyaanya adalah... jeng...jeng...jeng.... "Tidak bolehkah kita bertindak egois suatu waktu? Dosakah? Perlu gak sih kita egois pada suatu waktu itu?" hohohohoho. pertanyaan inilah yang membuat gw ga bisa tidur nyenyak dalam beberapa hari terakhir ini. (lebay ah lw nin)

ada yang mau menjawab????

nah looooooooo... piye ki terusan???

selama ini gw punya prinsip "Se-egois apapun orang lain sama lw, lw tetep gak boleh egois. TITIK" dan gw slalu berusaha untuk memegang teguh prinsip itu. Selama ini sih oke-oke aja,, gw belum nemuin alasan yg kuat buat ngerubah prinsip itu. nah suatu saat, ketika gw mengikuti suatu acara yg diadain sama salah satu ukm di kampus gw dan dihadiri "hanya" oleh petinggi2 dan orang2 yg ditunjuk, semuanya berubah.......... mulai ada sesuatu yang mengusik benak gw dan ngebuat gw mulai berpikir lagi tentang prinsip "ke-egoisan" gw. hohohoho

gimana ya? bisa dibilang di acara itu semua orang dituntut untuk egois dan mengutamakan kepentingannya masing2. sebagai seseorang yang berprinsip "antiegois", jadi bingung deh gw,...
akhirnya gw cuma bisa diem dan bilang "iya,,,iya,,," aja kalo dimintai pendapat. bodohnya diri ini.... T.T

Tau akibatnya??????? semua tergetan gw di acara itu ga bisa tercapai, unfortunately, semua targetan itu akan sangat mempengaruhi peran gw selama setahun kedepan.... what a big problem!!!!!!! hahahaha.

ya sudahlah,, yang berlalu biarlah menjadi pelajaran bagi gw,, gw menerima apa adanya, dan insyaAllah gw akan berusaha sekuat mungkin untuk mengoptimalkan apa yg udah gw dapet waktu itu... amin,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

nah dari situ gw bisa ngambil pelajaran...


  1. Boleh lah di SAAT2 TERTENTU YG BENER2 EMERGENCY kita bersikap egois, bahkan mungkin sikap egois itu akan membantu kita ke depannya,, amin (hahahaha,, rada ngaco juga ya,, tapi sapa tau ntar suatu saat bisa balik lagi ke prinsip awal,, hahaha,, "karena kita selalu belajar tiap detiknya"). Setelah gw pikir2 dengan semampu pikiran gw (kok bahasanya aneh yo??) hal ini bener juga sih.. Ungkapan "safely first" ada benernya juga, hahaha. contoh ni: seorang dokter lagi jalan2, lalu ada laki2 muda kira2 20-an tahun pingsan di tengah jalan. dia bertato, bertindik, dan ada bekas jarum suntik di tangannya. seharusnya dokter tsb melakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru-red) yg terdiri dari bantuan nafas dan chest compression, tapi beliau hanya melakukan chest compression aja. Dokter beralasan mungkin saja si laki2 itu mengidap penyakit AIDS ato hepatitis ato apalah penyakit2 aneh lainnya. Beliau gak mau sampe ketularan. Egois juga kan, tapi bener. Sang dokter lebih mengutamakan kepentingannya daripada kepentingan laki2 itu. Vital bgt bagi kehidupannya kelak, hahaha, lebay (contoh yg aneh tapi bener, udah gak bisa nyari contoh lainnya lagi, hwehehehe =p)
  2. Speak up man!!!!!!! hahaha, yang satu ini terinspirasi dari film "Legally Blonde 2". alkisah si blonde lagi melakukan pembelaan terhadap para hewan peliharaan di depan dewan. dia bercerita begini: suatu hari dia pergi ke salon untuk mempermak rambutnya. Tapi ia gak bilang ke barbernya pengen model yg kayak gimana. dia pasrah aja rambutnya diutak-atik sama mas2 barbernya. Ketika selesai barulah dia sadar bahwa rambutnya jadi JELEK BUANGGETTT. Intinya,,,,, NGOMONG!!!! Kalo ada sesuatu yang salah, kalo ada sesuatu yang ngganjel, kalo ada sesuatu yang gak srek, ungkapin deh.... supaya kita gak nyesel nantinya ketika hasil akhir telah diputuskan dan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.. okeokeokeokeoke


hanya sedikit ungkapan dari hati yang kecewa.. hahahahahahaha...... jadikan ini suatu pembelajaran untuk meraih hasil yang lebih baik ke depannya.. amin!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar